Jumat, 17 Februari 2012

Potensi Kekayaan Seni Budaya unik Sawahlunto

kami sajikan beberapa potensi kekayaan seni budaya unik kota sawahlunto, dan akan coba kami update selalu data nya 

1.         Lukah Gilo (desa Taratak Bancah)
Lukah Gilo adalah kesenian rakyat yang sarat dengan kekutan supranatural yang hingga sekarang masih berkembang dalam masyarakat Nagari Taratak Bancah Kota Sawahlunto Provinsi Sumatra Barat. Tari ini menggunakan Lukah (sejenis bubu) sebagai properti utama, yang dapat bergerak sendiri dan tidak dikendalikan oleh orang yang memegangnya. Pertunjukan ini sangat digemari masyarakat, hingga diberi tempat untuk tumbuh dan berkembang. 


2.         Marunguih (desa Silungkang)
Marunguih biasa disebut juga dengan ratok Silungkang oleh masyarakat setempat, Ratok berarti Ratap - maratok artinya meratap - meratapi. Karena pada mulanya kesenian ini memang diperuntukan sebagai sarana untuk meratapi atas meninggalnya seseorang. Caranya dengan menyebut-nyebut sambil mendendangkan bersama-sama oleh para karib kerabat, bako dan tetangga, semua perangai/tingkah laku si mayit semasa hidupnya hingga wafat.

3.         Talempong Batuang (Desa Silungkang)
Sebuah instrument music trasional yang terbuat dari bambu, cara mamainkan nya dengan di pukul, suara atau bunyi di hasilkan dari kulit bambu yang di kupas dan di beri kedudukan atau kuda-kuda. Pada saat sekarang sudah sulit menemukan kesenian ini, tapi masih ada seoerang yang masih eksis mempertahan kesenia ini, yaitu Bapak Umar Malin Parmato yang berdomisili di Silungkang.


4.         Ritual Bakaru/tolak bala
Nama Ritual                : Karu
Properti                       : Kemenyan, Sitawa, Cikumpai, Cikarau, Sidingin
Tempat Pelaksanaan    : Situs Balai Batu Sandaran (Pusat Desa Balai Batu Sandaran)
Waktu Pelaksanaan :
Pertama                       : Jelang/awal memasuki bulan Puasa Ramadhan
Kedua                        : Setelah bulan Puasa Ramadhan
Pelaksana                    : Dipimpin Tetua (Dukun) Nagari/Kampung Ninik Mamak,
Tokoh/Pemuka Masyarakat
Peserta                         : Seluruh Lapisan Masyarakat
Acara                           : Ritual Tolak Bala, Baureh, Makan Bersama

Bakaru adalah sebuah prosesi ritual dalam menolak bala yang terdapat di daerah Balai Batu Sandaran. Kegitan ini dilakukan dua kali setahun.  Adakala dimana karu dilakukan diluar jadwal tersebut, apabila ada saat saat darurat, seperti halnya kalau terjadi wabah penyakit yang meluas dalam masyarakat atau bahkan ketika pertanian terserang hama penyakit tanaman yang mengancam dan mengakibatkan gagal panen. Keadaan seperti ini diyakini sebagai bala yang sedang menyerang sendi kehidupan masyarakat. Maka untuk itu perlu diadakan sebuah upaya untuk melawan dan menetralisir, sehingga keadaan kembali normal.

5.         Seni ukir Batu bara
Sovenir unik khas kota arang salah satunya yaitu ukiran batu bara yang diproduksi dari sisa-sisa batu bara, dengan sentuhan pengukir pengukir berkompeten dari Sawahlunto sehinga menghasilkan souvenir-sovenir cantik dari batu bara seperti, miniatur kerepa api lokomotif uap sebagai ikon baru pariwisata sawahlunto, asbak rokok, tempat brosur, gantungan kunci dan aneka souvenir lainnya.

6.         Baburu Tupai
Salah satu kebiasaan masyarakat yang telah membudaya di desa talago gunung kota Sawahlunto dalam rangka membasmi musuh tanaman masyarakat, yaitu tupai. Kegiatan ini dilaksanakan 4x setahun di Kota Sawahlunto pada masing masing Kecamatan.

7.         Sanggar Seni Parmato Hitam
Sebuah kelompok wadah tempat mengolah kesenian, seperti tari tradisonal nusantara music karawitan dan berbagai kesenian tradisional lainnya. Sanggar Parmato Hitam telah eksis melakukan regenerasi kesenian tradisional nusantara kepada generasi muda mulai dari umur 5 tahun sampai remaja. Disini di ajarkan music Talempong, Saluang, bansi dan gandang juga beberapa tari nusantara seperti tari pasambahan, tari tanun, tari es lilin, tari jawa tari melayu dan lainnya.



Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


2 Responses So Far:

Muhammad Husnul Aziz mengatakan...

Bagus artikelnya gan ....

mampir ya gan sudahtaukahkamu.blogspot.com

aden mengatakan...

terima kasih sudah mampirkan, semoga bermanfaat

Posting Komentar

Radio Cimbuak.net