Minggu, 21 April 2013

Air Terjun “Mudiak Lurah”



Air Terjun “Mudiak Lurah”

Desa Silungkang Oso Kec. Silungkang Kota Sawahlunto

Pesona Air Terjun Mudiak Lurah Kec. Silungkang
Geliat Pariwisata Kota Sawahlunto sebagai salah satu kota bekas tambang batu bara peninggalan belanda yang terletak sekitar 95 Km dari kota Padang ini semakin menggairahkan dengan bermunculannya objek objek wisata yang sudah tergarap maupu yang akan di garap. Hal ini juga ditunjukan dengan telah datangnya beberapa stasiun TV Swasta nasional dan daerah untuk me explore potensi potensi Pariwisata Kota Sawahlunto yang layak jual. Seperti Museum Goedang Ransum, Lubang Mbah Suro, Museum Kereta Api, Taman Satwa Kandi, Lokomotif Uap “Mak Itam”, Desa Wisata Rantiah dan objek objek lainnya.

Selain dari objek objek tersebut diatas, masih banyak sumber daya alam di Daerah Kota Sawahlunto yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi Daerah Tujuan Wisata, salah satunya adalah Air Terjun “Mudiak Lurah” yang terdapat di daerah Silungkang Oso, Kec. Silungkang Kota Sawahlunto. Daerah ini terletak sekitar kurang lebih 12 Km dari pusat Kota Sawahlunto arah menuju Kota Solok.

Untuk mencapai akses Air terjun, kita dapat tempuh dengan jalan kaki sekitar 15 -20 menit dari Kantor desa Silungkang Oso, melalui jalan Bandes dan melewati anak sungai. Menjelang air terjun dapat juga kita temui batang bamboo kecil kecil atau buluh yang bisa digunakan sebagai bahan pembuat alat music tradisional minangkabau seperti Saluang Bansi , Sarunai dan lainnya, terdapat juga beberapa bak penampungan air sementara guna mengaliri kebutuhan air bersih warga Silungkang Oso.

Pemandangan eksotis mulai terasa saat air terjun pertama atau paling bawah mulai Nampak dari balik pepohonan, semakin mendekat akan semakin jelas beberapa tingkat air terjun mudiak lurah tersebut. Udara yang sejuk diiringi gemuruh air terjun seakan mengajak para pengunjung ikut menceburkan diri ke kolam yang terbentuk secara alami di bawah air terjun tersebut.



Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar

Radio Cimbuak.net