Senin, 04 Februari 2013

Lubang Tambang Mbah Soero

Loebang Tambang Mbah soero (foto : Syukri)




Wisata tambang adalah trade mark nya Sawahlunto yang mulai di gali pada tahun 1989 oleh para pekerja tambang yang di datangkan dari berbagai penjuru nusantara bisa di sebut dengan orang rantai. karna mereka adalah penjahat dari berbagai jenis kriminlitas mulai dari tahan perang, tahanan politik dan juga perampokan maupun pembunuhan. di saat bekerja kaki mereka di rantai agar tak melawan dan melarikan diri saat melakukan pekerjaan penambangan. Loebang ini ditutup pada tahun 1930 karena karena rembesan batang lunto hingga menutupi lubang.
Kemudian lubang ini kembali di buka pada tahun 2007 untuk kebutuhan Pariwisata dan di Loebang mbah Soero salah satu nya Loebang tambang tertua di Sawahlunto terletak di Patahan Soegar, yang lokasinya saat ini tidak begitu jauh dari Alun Alun Kota Sawahlunto biasa di sebut Lapangan Segitiga atau Lapseg, bisa di tempuh kurang dari 5 menit dengan jalan kaki, dan juga sekitar 200 meter dari Museum Goedang Ransum.

Suasana dalam loebang tambang mbah soero
Sedikit Pengantar tentang Loebang Mbah Soero

 Di areal ini juga terdapat gedung Galery Info Box yang merupakan sarana informasi Pariwisata Kota Sawahlunto Khususnya mengenai objek wisata Loebang Mbah Soero. terdapat foto koleksi aktivitas tambang, alat perlengkapan tambang yang menyajikan bagaimana aktivitas pertambangan jaman dahulu hinggi kini.

PROSEDUR DAN KETENTUAN MASUK LOBANG TAMBANG MBAH SOERO
  • Membeli tiket masuk di Gedung Info Box Galeri Tambang Batu Bara Sawahlunto.
  • Menitipkan Barang Bawaan (tas, korek api/pemantik, makanan/minuman, alas kaki)
  • Menggunakan peralatan pengamanan yang disediakan (helm, sepatu dan kostum)
  • Masuk Lobang Tambang didampingi pemandu/petugas (rombongan max 20 orang)
  • Selama dalam Lobang Tambang dilarang :
    • Menyentuh Material Lobang Tambang
    • Mengambil Material Batu Bara
    • Memisahkan diri dari pemandu rombongan
    • Perempuan dalam keadaan Haid/datang bulan dilarang memasuki lobang tambang.



Action siap menuju Lobang Tambang Mbah Soero setelah memakai pengaman yang di sediakan, Sepatu dan Helm

Alamat:
Info Box - Galeri Tambang Batubara & Lobang Tambang Mbah Soero
Jl. Muhammad Yazid
Kota Sawahlunto
Telp. 0754-61725, 61985

Jam Kunjungan:
Senin - Minggu 9.00-17.30

Tiket:
Info Box: gratis
Lobang Mbah Soero: Rp 8.000,00
Transportasi Umum:
Bukittinggi ke Sawahlunto bisa dicapai dengan Mobil Emkazet, Silvia, Jasa Malindo (nama travel). Naik dari Terminal Aur Kuning. Ongkos Rp 18.000,00
Padang Ke Sawahlunto naik mini bus dengan merk Jasa Malindo dan Afmoment ongkos Rp. 18.000,-
Juga terdapat travel rute Sawahlunto-Padang (Rp 30.000,00)
Monumen Orang Rantai, seorang Mandor sedang mengawasi para pekerja tambang yang sedang mendorong gerobak berisi Batu bara yang di bawa keluar dari dalal tambang setelah proses penggalian.

Posisi di Level satu, ke arah kanan ada kode menuju ke level 2, yanerlg sedang proses pembukaan areal. sedangkan di didepan terpasang sebuah papan insturksi keterangan bahwa jalur tersebut di tutup, tulisan dapat dilihat pada foto di bawah ini.
isi tulisan "DIBELAKANG TEMBOK BETON INI TERDAPAT RUANGAN BERUKURAN 4X6 METER. ATAS PERMINTAAN PARANORMAL DAN MASYARAKAT SENGAJA DITUTUP KARENA DIYAKINI TEMPAT PELETAKAN TUMBAL". Kalau coba di analisa secara logika, memang beton ini tidak boleh di buka, karna terowongan ini diperkirakan tembus dengan aliran batang lunto, yang akan dapat menyebabkan masuknya air dan akan menggenangi seluruh kawasan loebang mbah soero.

Disini dapat dilihat informasi tentang cara mengumpulkan rembesan air yang kemudian di sedot keluar arelah tambang, "SISTEM PENIRISAN TAMBANG BERFUNGSI SEBAGAI DRAINASE UNTUK MENGALIRKAN AIR KE SATU TITIK DAN KEMUDIAN DI POMPAKAN KELUAR TAMBANG.

Petunjuk menjuj level kedua loebang tambang mbah soero, sampai saat ini baru bisa di lewati hanya sampai level 1
jalan menuju level 2 masih dalam tahap pengerjaan
Pintu keluar Lobang Mbah Soero, terdapat di Seberang jalan Pintu Masuk.

Sebelum masuk lobang atau goa, perhatikan dulu rambu rambu larangan barang yang tidak boleh di bawa kedalam Lobang Tambang Mbah Soero
MAPS/Peta Lokasi Lubang Mbah Soero

View Larger Map

Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Posting Komentar

Radio Cimbuak.net