Senin, 10 September 2012

Tari Nyiru

Tari adalah salah satu bagian dari Seni, yang mana tari biasa disebut gerakan tubuh secmengara berima yang beraturan maupun tak beraturan dengan musik ber tempo atau free ritme sebagai pengiring guna mengungkpakan atau mengekspresikan perasaan, maksud dan pikiran, baik menggunakan properti atau tanpa properti.
Salah satu tari kreasi yang berangkat dari aktivitas masyarakat Minangkabau yang ada si Sawahlunto adalah Tari Nyiru. Nyiru atau niru adalah sebuah alat menampi beras secara tradisional untuk memisahkan Atah dan Beras sebelum di Masak menjadi Nasi sebagai makanan pokok kita Sehari-hari.
Tarian Nyiru atau niru ini di kreasiakan atau koregrafernya adalah salah seorang guru kesenian di SMP 7 Sawahlunto, awalnya tarian ini dipersiapkan untuk perlombaan FLS2N yang dilaksanakan Dinas Pendidikan setiap tahunnya hingga tingkat nasional. dimulai dengan Seleksi FLS2N tingkat Kota Sawahlunto, Tari Niru dari SMPN 7 mendapat juara 1 hingga berhak mengikuti lomba selanjutnay tingkat Sumatra Barat.
Walaupun tidak menjadi yang terbaik siswi2 SMPN 7 Kota Sawahlunto tidak patah arang atas kegagalan tersebut, mereka tetap semangat menampilkan tarian tersebut di berbagai event Seni Budaya baik Tingkat Kota Maupun Event Sumatra Barat dan Juga Nasional seperti, Perpisahan Siswa/i kelas 3 di Sekolah, Penampilan Pentas Seni Budaya dalam Rangka Penyambutan Tamu Pembalap Tour de Singkarak 2012 di Kota Sawahlunto dan juga Paket seni Pertunjukan pada Pekan Budaya Sumatera Barat di Kabupaten Solok pada bulan September 2012.

Semoga Tari Kreasi ini Dapat terus membantu Promosi Seni Buda Kota Sawahlunto....




 



Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Posting Komentar

Radio Cimbuak.net