Minggu, 08 April 2012

Perselingkukan Tradisi terjadi di Sawahlunto



Disc Jockey VS Rabab menantang hujan di Malam Minggu

Perangkat ber merk NI (Native Instrument) dengan tombol tombol yang ada pada pad di gunakan untuk mengontrol sejumlah sample atau biasa di sebut dengan nama turntable identik dengan suasana hinggar bingar di club atau tempat tempat berkesan negative lainnya. Kehadiran benda tersebut di Kota Wisata tambang berbudaya menepis image kurang baik tentang Disk Jockey. Dengan sedikit kreasi dan inovasi yang di tawaubrkan 2 orang mahasiswa ISI padangpanjang mereka mampu mengubah suasana kawasan wisata kuliner terminal pasar kota Sawahlunto.
Kreasi yang ditawarkan adalah live perform disk jockey berkolaborasi dengan solis violin, jari jari Dwi lihai mamainkan perangkat DJ dan sebuah laptop pendukung, tak kalah piawainya melodi hasil gesekan violin mengimbangi cepatnya tempo music techno tersebut. Hujan pun tak dihirau kan pengunjung baik yang sengaja dengan tujuan makan malam maupun yang hanya sekedar ingin menikmati sensasi baru hiburan di Sawahlunto dengan tema “ngamen asyik” setiap malam minggu di lokasi ini.

Tak cukup sampai disitu saja, nuansa etnik pun dihadirkan untuk memperkaya khasanah pertunjukan. Bapak Arif seorang seniman tradisional dari nagari talang tuluik bukik kociak silungkang duo ini juga turut andil berkolaborasi dengan membawakan lagu atau dendang tradisional Rabab Pasisia seperti  yo ala kambang yo ala, ondeh salidar dan sabatang tubuah diiringi violin dan disk jockey. Spontanitas ketiga musisi tanpa proses latihan sebelumnya menambah betah para pengunjung. Perselingkuhan seni tradisi ini adalah bagian dari perkembangan seni pertunjukan yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman, sehingga seni music tradisional seperti rabab, saluang dan lainnnya setelah mendapat sentuhan baru,  tidak lagi akan ditinggalkan penonton.





Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Posting Komentar

Radio Cimbuak.net