Senin, 02 Juli 2012

Perkampungan Silat Tradisi Desa Wisata Rantiah, Sawahlunto


Perkampungan Silat Tradisi Desa Wisata Rantiah, Sawahlunto
Kota Sawahlunto tanggal 5-7 Juli 2012 mendatang akan menggelar pertemuan perguruan silat dari berbagai aliran silat tradisi di Minangkabau. Pertemuan ini juga akan diikuti negeri tetangga Malaysia, Thailand, Singapore dan Brunai. Pertemuan dalam bentuk perkampungan (perkemahan) ini, bertempat di Wisata Desa Rantiah, Nagari Sijantang, Talawi, dan akan dihadiri sekitar 200 pesilat dan guru-guru tuo dari pelosok Sumatera Barat.

Menurut Panitia Pengarah, Edy Utama, pertemuan dan pertunjukan berbagai aliran silat ini bersifat silaturahmi dan tidak berupa kompetisi. “Tidak ada penilaian, tetapi diharapkan masing-masing perguruan akan dapat menampilkan tradisi atau aliran yang mereka kembangkan di perguruan masing-masing”, kata Edy Utama.
Aliran-aliran silat yang akan tampil antara lain silat Kumango, Silat Tuo, Silat Pauh, Silat Sunua dan Ulu Ambek, Pangian, Silat Harimau, Silat Gadang, Staralak, Silat Luncua, dan berbagai aliran silat yang tumbuh dan dikembangkan secara spesifik oleh perguruan-perguruan silat.
Medi Iswandi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sawahlunto selaku Ketua Panitia Pelaksana, menjelaskan bahwa perkampungan silat ini merupakan salah satu event budaya yang diharapkan akan dapat mendorong Desa Wisata Rantiah, sebagai daerah tujuan wisata berbasiskan masyarakat, budaya dan alam. “Lokasi perkampung silat tradisi ini,” menurut Medi Iswandi, “dilaksanakan di sebuah kawasan alam yang elok dan indah”.
Lokasi perkampungan silat ini erada di antara bukit dan sungai, dan untuk mencapainya para peserta bisa menempuh perjalanan melalui sungai dengan perahu atau berjalan kaki menyusuri kaki bukit di antara bentangan sawah-sawah.
Selain memperagakan berbagai aliran silat, juga akan diadakan sarasehan tuo-tuo silek, untuk berbagai pengalaman dan mencari solusi mengembangkan silat sebagai budaya yang penting dalam kehidupan manusia.(***)
— Edy Utama
desa wisata rantiah


Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar

Radio Cimbuak.net