Rabu, 08 November 2023

"Kemoedjoeran Besar Bagi Anak Perempoean Sawah Loento.

 "Kemoedjoeran Besar Bagi Anak Perempoean Sawah Loento.


Terlebih dahoeloe mendjoendjoeng djari jang sepoeloehlah serta menoendoekkan kepala hamba dan mengoetjapkan terima kasih hamba pada padoeka toean redacteur, apalah kiranja atas hiba kasihan serta limpah karoenia padoeka toean akan memasoekkan boeah pikiran hamba jang semena mena ini; soepaja boeah pikiran hamba jang tiada seberapa faédahnja akan termoeatlah dalam roeangan Soenting Melajoe ini.

Sebab itoe meminta maaf hamba pada sekalian pembatja Soenting Melajoe, akan meoebah jang tiada baik atau tidak berpadanan letaknja sebab sekalian perkataannja hamba banjak jang djanggal, barangkali tiada patoet soesoennja; haraplah meoebah toean redacteur serta sekalian pembatja Soenting ini.

Sekarang pénakoe telah menoedjoe dan menoendjoekkan maksoed hamba, ialah semendjak toean assistent resident jang memerentahkan negeri Sawah Loento; telah memadjoekan kami anak perempoean.

Bahasa di roemah toean itoe diadakan sekolah rendo pelémbang disitoelah kami bersekolah; jang mengadjar ialah oeni Zoebaidah. Akan oeni Zoebaidah kami itoe selaloe hari berhati baik dan sabar mengadjar kami dan di sertakan radjin, sajangnja pada kami ta' dapat dikira; akan tiada terbalas oleh kami moerid moeridnja.

Hal saudarakoe jang sama dengan hamba menoentoet kepandaian itoe radjinlah hendaknja, hati hati serta jakinlah kita menoentoet kepandaian jang terhargai oleh saudagar jang kaja, tiada ternilai oleh ......? Karena demikian berdoa kita bersama sama oeni
kita dalam sehat wal'afiat sadja dan tidak terpisah kepadang kemadjoean, oleh sebab oeni kita itoe.

Si Goelamba' menangkap koembang,
kalau koembang mendjadi Noeri
Tjoba tjoba menanam moembang,
kalau oentoeng soenting negeri.

Kasik lama diroernah basa,
pelémpar balam ditapian kenari;
Kebaikan oeni beriboe laksa,
tiada terbalas kemoedian hari.

Terantang kawat tepi lajar,
pengabat kajue tiga sezi;
Oetang emas boleh di bajar,
oetang boedi dibawa mati.

Maafkan hamba jang rendah,
KATIDJAH.
#komunitasanaknagarisawahlunto


SUMBER : KLIK


Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Posting Komentar

Radio Cimbuak.net