Selasa, 02 Januari 2024

Wonning 30 (W. 30) Sawahlunto dulu dan Kini

 Sawahlunto dulu dan Kini

==================
Wonning 30 (W. 30)

Bangunan ini dibangun pada tahun 1914 sebagai gouvernement woningen atau tempat tinggal habisa share

dan pejabat tambang hingga tahun 2016, bangunan ini masih difungsikan sebagai rumah dinas karyawan perusahaan PT.BA UPO. Pada tahun 2017 bangunan ini direvitalisasi dan difungsikan sebagai Museum Tadi yang dikelola oleh pemerintah Kota Sawahlunto, selanjutnya pada Tahun 2022 bangunan ini difungsikan sebagai Information Center Geopark Nasional Sawahlunto.

Seperti rumah tinggal pejabat Belanda pada umumnya di Sawahlunto, bangunan ini dibagi menjadi dua bagian pertama sebagai bangunan induk dan bangunan kedua Sebagai bangunan pendukung. Bangunan induk W. 30 ini memiliki ruang-ruang yang mirip dengan bangunan induk W.27. Bangunan induk memiliki 7 ruangan yang terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan kamar tidur.

Sementara itu, bangunan pendukung terdiri dari 4 ruangan bangunan ini belum banyak mengalami perubahan perbaikan dilakukan hanya pada bagian-bagian yang telah mengalami kerusakan seperti pintu dan jendela. Walau begitu, perbaikan masih dilakukan dengan menggunakan bahan yang sama dengan aslinya Selain itu, Fasad bangunan juga mengalami sedikit perubahan dengan adanya penambahan bangunan baru pada sisi kanan bangunan induk sebagai garasi mobil. Sedangkan pada bangunan pendukung tidak ada perubahan yang berarti renovasi Hanya berupa penggantian komponen bangunan yang sudah rusak tapi masih menggunakan bahan yang sama dengan aslinya.

#fotolama #sawahlunto #wtbos #ocmhs #sejarah #arsip #sawahluntotourism #arsipnasional #pusakota #jkpi #bppi #iccn #fotolama #iccnmdia #kotakreatif #sejarahindonesia #infosejarah #belajarsejarah
Sawahlunto Tourism

Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Posting Komentar

Radio Cimbuak.net