Kamis, 15 Maret 2012

SIMFES 2012 KEMBALI HADIR


Sawahlunto Internasional Musik Festival  (SIMFes) 2012 Ramaikan Festival Musik Indonesia bertaraf Internasional.

Peserta SIMfes 2011 dari Kota Sawahlunto
Sawahlunto International Music Festival yang di populerkan dengan singkatan. Dicetuskan sejak tahun 2009 dan penyelenggaraaan perdananya pada 3-5 Desember 2010 dan untuk kedua kalinya pada  2-4 Desember 2011. SIMFes merupakan festival musik komposisi etnik, modern dan kontemporer dari kota Sawahlunto patut di apresiasi dengan kehadirannya terdepan di Sumatera Barat. SIMFest event yang dapat dijadikan wadah untuk menuangkan ide ide dari wacana berkreasi tanpa batas dalam dunia musik itu sendiri. Festival ini diharapkan dapat memperlihatkan keragaman musikal dari berbagai etnik di dunia yang bersifat dinamis, sehingga dapat mengembangkan dialog budaya antar bangsa berdasarkan semangat idealisme yang masih ada. Melalui festival musik yang bertaraf Internasional, pencitraan yang lebih kultural pada kota Sawahlunto sebagai Kota Wisata akan semakin nyata dalam bentuk kegiatan-kegiatan kesenian dan kebudayaan.
jam session para musisi SIMfes
Bila SIMFes ke- 2 mengusung tema besar MUSISI 5 (lima) BENUA yang diwakili dan diramaikan  musisi dari kelima benua seperti Dr. Hiltrud Cordes (Jerman), Mr. Remi Decker (Belgia), Ms. Martha Toledo (Mexico), Ms. Luo Chou Yun (Taiwan), Christopher Basile (Australia) dengan sederetan musisi dan musik etnik lokal Sumatera Barat dan Indonesia.
SIMFest ketiga ditahun ke tiga 2012 ini, kembali mengusung tema besar MUSISI 5 (lima) BENUA tersebut. Tentu penyelenggaraan kali ini dengan kehadiran musisi berkelas berikutnya baik lokal (Sawahlunto/Sumatera Barat), nasional dan internasional (musisi dari 5 benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika dan Australia).

Setelah sukses pelaksanaan Event Festival music internasional selama dua periode berturu-turut, pemerintah kota Sawahlunto dalam hal ini yang di prakarsai oleh dinas pariwisata dan kebudayaan kota Sawahlunto kembali menggelar event serupa pada bulan desember mendatang. Event ini merupakan rangkaian kegiatan hari jadi kota Sawahlunto ke 124.

Setelah mendapat respon positif dari para pengamat music Sumatra barat dan nasional, Panitia SIMfes berencana akan meningkatkan kapasitas Festival dengan menambah jumlah musisi yang akan unjuk kebolehan di panggung SIMfes tersebut. Dengan lebih besarnya pertunjukan simfes pada tahun ini maka  area pertunjukan pun dipindahkan ketempat yang lebih luas, hal ini akan bisa menampung para penonton  dan tamu undangan yang akan menonton.
Pada event SIMFes pertama dan kedua dilaksanakan di Areal Museum Goedang Ransum Kota Sawahlunto, salah satu bangunan bersejarah di kota ini dahulunya digunakan untuk dapur umum buruh tambang ombilin, dipilihnya Goedang Ransum karna event ini adalah bagian dari promosi kepariwisataan kota Sawahlunto. Pada tahun ini akan dilaksanakan di kawasan Silo dulunya adalah bangunan stock field batu bara, berjarak kira kira 50 meter dari Gedung Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto.
Diharapkan event ini dapat memberikan kontribusi perkembangan music kepada para musisi Sumatra barat, baik yang berada di Sawahlunto sendiri maupun di daerah sekitar seperti Padangpanjang yang mempunyai Sekolah tinggi seni ISI (Institut Seni Indonesia )Padangpanjang, Kota Padang, Bukititinggi, Batusangkar dan daerah lainnya. Dan juga pastinya event ini sebagai media promosi pariwisata khususnya kota Sawahlunto dan Sumatra Barat Pada umumnya.


Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


3 Responses So Far:

Amazingtutor mengatakan...

terimakasih infonya, semoga music indonesia makin maju dan berjaya di dunia

FirdausTech.com mengatakan...

terimakasih infonya brada. maju terus music yang berkualitas di indonesia

aden mengatakan...

Terimakasih atas kunjungannya, festival musik termasuk bagian dari pengembangan ekonomi kreatif

Posting Komentar

Radio Cimbuak.net