Selasa, 12 Februari 2013

Jadoel #4 - Apotek Rumah Sakit Ombilin

Aktivitas di Apotik Rumah Sakit Ombilin 1925
Perkembangan Kota Sawahlunto yang dimulai sejak ditemukannya Deposit batu bara yang mulai di eksploitasi sejak tahun 1876 oleh salah seorang ahli geologi German bernama Ir. Willliamg De Greve, dari tahun ke tahun melengkapi sarana dan prasarana kehidupan sosial di Kota ini, seperti Rumah Sakit dan Apotik serta mendatangakan Tenaga kesehatan dan tenaga Medis lainnya dan juga obat obatan dari negri Belanda.

Pada kesempatan Kolom Jadoel ke 4, tim Palanta Budaya kembali mencoba menurunkan sebuah foto lama seputar kota Sawahlunto ini yang kali ini menngambarkan aktivitas di Apotek Rumah Sakit Ombilin Kota Sawahlunto sekitar tahun 1925. nampak dibagian depan beberapa orang sedang menyiapkan obat obat yang diperkirakan adalah untuk para pekerja buruh kontrak dan para mandor pertambangan, dibelakang nampak seorang wanita bule bisa jadi tenaga apotekr dari Belanda sebagi Kepala Apotik Rumah Sakit Ombilin Pada Saat itu.

Judul Asli Foto ini adalah "Apotheek van het Ombilinmijnen-hospitaal te Sawahloento" artinya Apotik Rumah Sakit Ombilin di Sawahlunto, Pemilik Foto adalah Kehrer, F.F.W. Foto ini di Akuisisi kembali oleh KITLV pada tanggal 08/09/2000 dengan ukuran 11,5x17,5 cm. Foto ini adalah Souvenir dari salah seorang staf Rumah sakit Ombilin yang diberikan pada saat Perpisahan Seorang dokter yang bernama Dr. J.K.W. Kehrer pada tanggal 28 Januari 1927.


Demikianlah Kolom Jadul edisi ke empat yang dipersembahakan tim Palanta Budaya ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita bersama tentang sejarah dan perkembangan Kota Sawahlunto dari masa ke masa. (syukri)

Sumber foto dan informasi disini


Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Posting Komentar

Radio Cimbuak.net