Kamis, 14 Februari 2013

Pembinaan Group Sanggar Seni

para Pemain Musik Kroncong Sikalang
Sawahlunto sebagai Kota Multietnis yang telah berkembang sejak jaman kolonial Belanda Karna ditemukannya Harta Karun "Emas Hitam" di Perut Bumi Kota Arang ini, juga berdampak pada pengembangan Seni Budaya Daerah yang tumbuh dan berkembang di nagari nagari dan desa desa di Kota Sawahlunto. Kesenian yang hidup dan masih eksis seperti Salawat Dulang, Group Tari dan Musik Tradisional, Kesenian Kudang Kepang, Wayang Kulit, Musik Kroncong dan lainnya.

Pada kesempatan kali ini, beberapa orang dari Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto Serta tim Palanta Budaya berkesempatan melakukan Pembinaan langsung ke lapangan mengunjungi latihan rutin Group Kroncong Sikalang yang bermarkas di samping Kantor Desa Sikalang Kota Sawahlunto. Sesampai dilokasi kami langsung menemui beberapa orang yang telah duduk stand by menunggu kedatangan kami dan beberapa orang lagi personil mereka yang belum datang, sementara alat instrument sudah tersusun dengan rapi siap untuk di Petik.

diskusi Dinpar dan Pengurus Kroncong
"Kami latihan rutin disini setiap kamis malam" tutur bapak Eka salah seorang Vokalis di Group Kroncong Sikalang ini. Walaupun rata rata pemain berumur 50 hingga 60 tahun keatas, para musisi kroncong yang rata rata keturunan Jawa yang telah hidup dan berbaur di Kota Sawahlunto ini tetap semangat memainkan lagu lagu berirama kroncong yang telah mereka latih sebelumnya.

Pembinaan Group Sanggar Seni dan Budaya adalah salah satu Program kegiatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto dalam rangka melestarikan dan mengembangkan Budaya Daerah dan juga sebagai dukungan visi Kota Sawahlunto menjadi Kota Wisata Tambang Berbudaya. (syukri)


Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Posting Komentar

Radio Cimbuak.net