Selasa, 14 Mei 2013

Buayan Kaliang

Buayan Kaliang di Nagari Simabur Kab. Tanah Datar
Buayan Kaliang adalah sebuah bianglala tradisional yang digerakkan dengan tenaga manusia. Permainan ini biasanya akan ada pas Idul Fitri di daerah daerah Sumatra Barat. Tetapi foto diatas bukan suasana Lebaran di Minangkabau, melainkan dalam acara helat "Pacu Jawi" di Nagari Simbaur Kab. Tanah Datar Sumatra Barat.

Bianglala tradisional ini terbuat dari kayu. Sedikitnya akan ada tiga orang yang memutar bianglala itu agar dapat berputar normal, kemudian ditambah menjadi lima orang pemutar agar dapat lebih kencang. Buayan Kaliang ini terdiri dari 4 kotak yang dapat diisi oleh 24 orang. Tapi biasanya karena ramainya peminat permainan ini, kadang jumlah orangnya suka overload.

Menaiki Buayan Kaliang yang berputar, kamu akan mengalami sensasi seperti digelitik di perut. Tidak jarang ada yang muntah-muntah setelah sekitar 10 menit menikmati putaran Buayan Kaliang ini. Permainan ini memang tampak berbahaya, apalagi memang tidak adanya pengamanan ketika berada di dalamnya, apalagi untuk anak-anak. Tertarik untuk mencobanya?

Baca selengkapnya di KVLT Webzine: Buayan Kaliang, Bianglala Dengan Tenaga Manusia http://wp.me/p2xn1y-crL

Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Posting Komentar

Radio Cimbuak.net