Minggu, 20 Januari 2019

Pasar Silo, Destinasi Kekinian Kota Sawahlunto


Pasar Silo
Jika mendengar kata Pasar, akan terbayang berbagai aktivitas pada umumnya yaitu proses transaksi barang dan jasa antara penjual dan pembeli dan identik terjadinya tawar menawar harga sampai deal dan sepakat sehingga barang yang diinginkan sipembeli diberikan oleh sipenjual dengan nominal yang telah di tentukan dan dibayar dengan Uang sebagai alat pembayaran yang sah.

Lain lagi dengan Pasar Silo, adalah pasar kekinian di buat atas dasar Program Kementrian Pariwisata Repbulik Indonesia melalui Generasi Pesona Indonesia (GenPi) sawahlunto. Sebuah Destinasi Digital yang heboh di Dunia Maya, viral di Media Sosial dan nge hit di instagram berlokasi di Kawasan Taman Silo kawasan Kota Tua Sawahlunto tepatnya di Kelurahan Saringan Kec. Barangin Kota Sawahlunto.

Silo dahulunya adalah lokasi penyimpanan batu bara yang siap didistribusikan setelah proses pencucian dan pemisahan jenis kalori, berbentuk tabung besar berjumlah tiga buah dengan tinggi sekitar 40 meter menjadikan Pasar Silo lebih mantap dengan tema heritage nya. Pada saat ini telah dijadikan taman dan play ground dengan tema Kota tua terdapat juga peron dan juga rel kereta api sehingga menjadikan kawasan ini sangat mediamabble untuk generasi milienal.

Spot Selfie
Layaknya sebuah pasar, Pasar Silo menyediakan aneka jajanan jadul rasa gaul, serta jajanan tempo dulu sentuhan milenial seperti Getuk, Tiwul, Onde-onde, Ongol-ongol, Pecel, Pisang Baka Basantan, Kalikih Basantan, Kopi abuih, lapek dan sebagainya. Selain aneka kuliner khas Kota Arang ini, juga terdapat aneka permainan anak nagari yang sudah di modifikasi gaya kekinian seperti Congklak dan Ular tangga raksana, Lompat tali Karet, Main golong-golong (pacu ban motor bekas), Enggrang batok kelapa dan lainya. Tak kalah menarik lagi aneka spot selfie kekinian yang di garap oleh GenPi Sawahlunto dan selalu di upgrade setiap minggunya, sehinga dapat menghindari kemonotonan bagi pengunjung yang selalu datang berkunjung dan juga dapat menarik pengunjung-pengunjung dan wisatawan luar daerah.

Berlokasi dekat dengan alun-alun Kota yang lebih tenar dengan sebutan Lapangan Segitiga atau lapseg sebuah taman di depan Kantor PT.Ba, pasar silo dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar 3 menit dari lapseg melalui kawasan perumahan karyawan PT.Ba UPO. Persis seperti hari pasaran pada pasar tradisional yang mempunyai jadwal khusus, Pasar Silo ini buka setiap Hari Minggu pagi mulai pukul 07.00 WIB s.d 12.00 WIB. Destinasi Digital ini telah dimulai dan dilakukan soft launching oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH pada tanggal 21 Oktober 2018.

Turut menambah keseruan dan kemeriahan setiap jadwal Pasar Silo juga diisi berbagai aktivitas dari komunitas-komunitas yang tumbuh dan berkembang di Kota Sawahlunto seperti komunitas music, komunitas panahan, komunitas seni rupa dan lainnya. Kegiatan tersebut menambah nilai dan bagian atraksi yang bisa dinikmati oleh pengunjung seperti belajar memanah, bernyanyi serta belajar melukis.


Pasar Silo hadir menjadi tambahan alternative pilihan jika berwisata ke Kota Sawahlunto selain pilihan destinasi utama seperti Lobang Tambang Mbah Soero, Museum Goedang Ransum, Museum Kereta Api, Puncak Cemara, Kelok 16, Taman Satwa Kandi, Kebun Buah Kandi dan lainnya.


Komunitas Reptil

Congklak Raksasa (Permaian Anak Nagari)

Jajanan Tempo Dulu

Seru Seruan Alumni



Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


1 Responses So Far:

Rai Vinsmoke mengatakan...

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Posting Komentar

Radio Cimbuak.net