Senin, 08 Januari 2024

STOOMWALS / STEAM ROLLER

STOOMWALS / STEAM ROLLER

==========

MESIN GILING


Pemandangan unik terlihat ketika kita baru memasuki rumah Dinas Walikota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat. Ketika mengarahkan pandangan sebelah kiri dari gerbang masuk atau berhadapan langsung dengan pos security, pandangan kita akan disguhkan pada  sebuah monumen alat berat tempo dulu yang dipajang dan ditata sesuai dengan estetika Taman pada rumah dinas tersebut. 



Alat berat tersebut bisa dibilang langka bernama Stomwals. Menurut informasi dan dokumentasi pada papan informasi, alat tersebut biasa digunakan untuk meratakan tanah dalam pembuatan jalan beraspal pada dahulunya di Sawahlunto. Untuk menggerakanya memakai tenaga uap, hasil pembakaran batu bara.

 

Sebelum dikonservasi seperti pada saat ini, alat berat tersebut dipajang di kawasan MuseuKereta Api dengan kondisi yang belum dirawat dan belum dicat saat itu. Kemudian setelah dikonservasi oleh pihak terkait, barulah dipajang sebagai benda cagar budaya yang telah teregistrasi dan juga sudah ditambah informasi tentang benda tersebut.

 




Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Posting Komentar

Radio Cimbuak.net