Senin, 22 April 2024

6 Desa di Kota Sawahlunto jadi Lokus Kegiatan “Pemajuan Kebudayaan Desa Warisan Dunia”

Paska pengakuan dari Lembaga Dunia (UNESCO) yakni Warisan Tambang Batu Bara Ombilin (WTBOS) terus dilaksanakan program-program Penguatan Ekosistem oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan terutama kepada Masyarakat yang memiliki tinggalan WTBOS dalam wilayah Nagari atau Desa yang bersentuhan langsung dengan Warisan Dunia ini.

Di Sumatra Barat, terdata sebanyak 80 Nagari/Desa yang memiliki tinggalan WTBOS, pada tahun 2024 ini ditetapkan oleh Kemendikbud sebanyak 22 Nagari/Desa sebagai penerima manfaat dari Program ini dengan tajuk “Pemajuan Kebudayaan Desa Warisan Dunia”.

 

Terdapat 6 (enam) Desa yang ditunjuk menjadi bagian dari program tersebut diantaranya, Desa Silungkang Oso, Desa Silungkang Tigo, Desa Muaro Kalaban, Desa Sikalang, Desa Salak dan Desa Rantih. Keseluruh Desa tersebut akan melaksanakan Aktivasi Nilai yang terkandung dalam Warisan Dunia.

 

PLTU SALAK, ATRIBUT WTBOS
Melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam Warisan Budaya Dunia dan budaya yang ada di Desa, Menindaklanjuti penetapan Warisan Dunia oleh UNESCO serta memberdayakan Masyarakat desa untuk memajukan budaya desanya yang diselaraksan dengan nilai-nilai Warisan Dunia, itulah beberapa tujuan dari kegiatan Penguatan Ekosistem Kebudayaan di Desa-desa Warisan Dunia Tersebut.

 

Nantinya akan ada beberapa tahapan Kegiatan pokok yang akan dilaksanakan yang sebelumnya akan dilaksanakan Lokarya oleh Kemendikbud RI sebagai bentuk sosialisasi Program dan Kegiatan. Rangkaian pelaksanaan diantaranya Program temu dan kenali Potensi Budaya Desa, Penguatan Narasi Nilai Warisan Dunia dan Aktivasi nilai yang terkandung pada Warisan Dunia.

 

Dinas Kebudayaan Sawahlunto, sosialisasisasikan
Proram Desa Pemajuan Kebudayaan
Semoga melalui Program Pendampingan yang rencananya akan laksanakan selama 3 tahun kedepan, dapat meningkatkan kecintaan Masyarakat khususnya Kota Sawahlunto akan Nilai-nilai Penting terhadap Upaya Pelestarian Kota Sawahlunto sebagai bahagian penting dari Pengangkuan yang telah diberikan Oleh UNESCO, sehingga dapat mendukunng Upaya Pemajuan Kebudayaan serta meningkatkan Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) Kota Sawahlunto dan Provinsi Sumatra Barat



Sosialisasi Program Pemajuan Desa


 

 

syukri-23042024






Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Posting Komentar

Radio Cimbuak.net