Jumat, 08 Februari 2013

Jadoel #3 - Sawahlunto dengan di Latar Belakang Kereta Api

Sawahloento met op de achtergrond de spoorlijn

Pada kesempatan ini di Kolom "Sawahlunto Jadoel" edisi 3, tim Palanta Budaya akan menurunkan sebuah foto Lama lagi sebagaimana yang telah terbit sebelumnya dengan judul Jadoel #1 - Kantor PT.BA dan Jadoel #2 - Stasiun Kereta Api Muaro kalaban, yang mana kemudian akan terus kami update foto foto jadul Seputar Sawahlunto lainnya.

Pada bagian tengah Foto dapat kita lihat bangunan ala Belanda yang saat ini bernama Gedung Kantor PT.Ba Upo Ombilin, dulunya gedung ini akrab disebut  dengan nama "Ombilin Meinen". dari dulu hingga sekarang fungsinya masih sama sebagai kanto utama pertambangan.

Jika dilihat lagi di bagian tengah atas foto bertepatan dengan Gedung Kantor PT.BA Upo, di situlah posisi Stasiun Kereta api sebagai moda pengangkut Batu Bara yang ditambang dari Sawahlunto dibawa menuju Pelabuhan Teluk Bayur yang dulu bernama "Emmahaven" yang kemudian emas hitam tersebut di ekspor keberbagai negara Eropa.

"Sawahloento met op de achtergrond de spoorlijn" itu lah judul Asli foto ini yang kami kutip dari halaman KITLV (info dan alat detail klik disini), diperkirakan foto ini di buat sekitar tahun 1910 an oleh salah seorang yang tidak diketahui namanya berasal dari Antiquariaat Minerva / Den Haag. Posisi pengambilan foto ini di seputaran Gunuang Timbago.

Sekian dulu sedikit ulasan kami pada Kolom "Sawahlunto Jadul" edisi 3 ini, nantikan edisi selanjutnya dengan foto foto jadul yang mungkin belum pernah anda temui. kami juga menerima saran dan kritik dengan lapang hati tentang tulisan atau deskripsi dari foto ini. terima kasih. (syukri)



Syukri, S.SnPosted By Syukri

Terima Kasih telah membaca artikel yang saya tulis ini tentunya masih banyak kekurangan dengan. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. Silahkan Tinggalkan Komentar... contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Posting Komentar

Radio Cimbuak.net